“ Welcome To Puspitasari’S Blog, Ikuti & Sertakan Comment Thnks To Visit Guys ”

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tempat Tidur


        Di setiap rumah, pasti menggunakan seprei sebagai alas untuk tempat tidur di rumahnya. Alas yang wajib digunakan untuk melapisi bantal, guling dan kasur adalah sarung bantal, sarung guling dan seprei yang bertujuan untuk mencegah agar kulit Anda tidak langsung menyentuh material kasar yang membalut benda-benda tersebut. Namun, yang perlu disayangkan adalah sebagian besar orang merasa malas untuk sering mengganti seprei dan alas tempat tidurnya.

       DR. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI memberi penjelasan bahwa “sebaiknya selalu ganti sprei dan sarung di tempat tidur setidaknya satu kali seminggu. Kenapa? Karena jika lebih dari satu minggu pasti akan banyak debu yang menempel pada sprei dan sarung. Tidak hanya itu, di dalam debu terdapat sebuah makhluk yang berukuran sangat kecil bernama tungau yang bisa menembus pori-pori sprei dan sarung bantal. Kotoran tungau ini  adalah salah satu pencetus alergi yang bisa membuat orang menjadi sesak napas, kulit kemerahan, bersin-bersin, ataupun gatal-gatal. Dan ini bisa terjadi pada semua orang sekalipun mereka tidak memiliki bakat keturunan alergi.”

        Namun ternyata, tempat bersarangnya tungau debu rumah, bukan hanya pada sarung bantal, sarung guling dan seprei. Tungau debu rumah juga dapat berkembang biak dengan subur pada karpet dan bantal guling yang berisi bulu-bulu angsa. dr. Iris kemudian memberi saran “beludru dan juga bulu adalah bahan yang paling cepat menangkap tungau debu rumah dan membuatnya terperangkap di dalam bahan tersebut. Jadi, sebaiknya hindarilah memilih bantal-guling yang berisi bulu-bulu angsa. Dan jika di rumah memang menggunakan alas karpet, sebaiknya setiap hari bersihkan dengan vacuum cleaner dan masukkan karpet ke laundry setiap sebulan sekali.”

       Lalu, dr. Iris menambahkan “atau jika memang kamu menginginkan kasur, bantal, dan gulingmu terbebas dari tungau debu rumah; kamu bisa memilih untuk menggunakan sprei dan sarung antitungau yang sudah bisa diperoleh di beberapa tempat. Tapi, memang harganya tidak murah karena pori-pori bahan tersebut dibuat sangat kecil supaya tidak bisa ditembus oleh tungau debu rumah. Lapisi bantal-guling dengan sarung atitungau dan kemudian baru lapisi lagi dengan sarung biasa. Sarung antitungau ini bisa kamu cuci setiap satu bulan sekali.”

       Jadi, saat Anda mulai sering merasakan kulit kemeraham sesak napas ataupun bersin-bersin, maka sebaiknya Anda mulai aktif untuk menjaga kebersihan yang berada di sekitar tempat tidur Anda.
Anda juga tidak akan sepenuhnya memperoleh kenyamanan jika Anda membeli barang dengan bantal bulu angsa yang memiliki harga yang lebih mahal. Memang Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyaman jika menggunakan bantal atau guling yang berbahan bulu angsa karena bantal yang berbahan bulu angsa jauh lebih empuk dibandingkan bantal atau guling yang memiliki bahan lain, namun bantal atau guling yang berbahan bulu angsa ternyata merupakan tempat yang subur untuk berkembang biaknya sumber penyakit.

0 Response to "Pentingnya Menjaga Kebersihan Tempat Tidur"

Post a Comment