“ Welcome To Puspitasari’S Blog, Ikuti & Sertakan Comment Thnks To Visit Guys ”

Ini dia ide menu masakan rumahan sederhana tapi enak untuk sepanjang minggu


Memasak dapat menjadi beban untuk sebagian orang. Bila Anda sering kebingungan dalam menyiapkan menu, berikut ide menu masakan dan tips untuk Anda.

•    Sebagai istri dan ibu rumah tangga saya berusaha menyediakan makanan sehat di rumah. Untuk memudahkan, saya biasanya merancang menu untuk 1 minggu di otak saya.
     Tidak hanya dirancang di otak, saya segera menuliskannya di buku untuk mencegah lupa dan seringkali ketika menulis ada ide menu masakan lain muncul. Menulis menu di buku selain menolong saya dalam menyusun menu masakan supaya kombinasinya pas, juga menolong saya mengira-ngira bahan apa yang diperlukan, sehingga saya tidak over belanja dan juga stok di kulkas habis. Tidak jarang, menu yang saya susun pun berdasarkan bahan baku yang masih ada di kulkas. Supaya bahan-bahan yang tidak baik disimpan lama bisa segera habis dan tidak mubazir. Dalam menyusun menu, jangan lupa juga perhitungkan waktu persiapan dalam memasak, terutama bila Anda adalah ibu yang bekerja atau Anda memiliki bayi dan Anda mengurusnya sendiri. Jangan sampai Anda menyiapkan 2 jenis masakan yang membutuhkan waktu persiapan dan proses memasak yang lama.
Dalam menyusun menu, pertimbangkan juga keharmonisan dari masakan yang Anda siapkan bila lebih dari 1. Misalnya yang berkuah dan gorengan atau tumis.

Dengan menulis di buku, itu juga dapat membantu saya membayangkan bagaimana jadinya masakan saya nantinya.

       Berikut beberapa menu masakan sederhana namun lezat untuk Anda sajikan di rumah untuk 1 minggu ke depan:
1.    Tahu tumis udang + cah sayur hijau
2.    Spaghetti/pasta Aglio Olio
3.    Tim telur + brokoli tumis bawang putih
4.    Sup ayam + perkedel kentang
5.    Sup ayam bakso (ikan/sapi) + kerupuk
6.    Sup daging kacang merah + bakwan jagung/sayur
7.    Telur dadar (beri pelengkap bawang merah, cabai, seledri) + sayur bening jagung
8.    Ikan asam manis + cah kangkung
9.    Ikan/ayam goreng kering + sambel tahu + lalapan
10.    Tempe orek + perkedel + sayur asem/lodeh
11.    Semur daging/ayam
12.    Dadar putih telur + tahu/tempe goreng + sayur bening
13.    Soto ayam/daging + tahu/tempe goreng kering

         Demikian beberapa ide menu masakan untuk disajikan dalam 1 minggu. Anda tinggal memadupadankan.
Tips, selalu sediakan telur di kulkas. Bila Anda kehabisan ide untuk memasak atau terlalu lelah untuk memasak, telur dapat menjadi penyelamat di kala perut lapar.
Sediakan juga makanan kaleng yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu atau ketika Anda baru saja pulang dari bepergian. Tapi, jangan terlalu sering ya.

         Bila Anda termasuk tipe yang tidak menguasai bumbu-bumbu dapur, sekarang di supermarket bahkan di tukang sayur yang berkeliling kompleks sudah tersedia paketan masakan, misalnya sayur asem. Anda tinggal memotong sayur-sayurnya, mengolah bumbunya, tinggal dimasak.

         Biasanya untuk mengurangi waktu persiapan, saya menyiapkan bumbu-bumbu dasar yang sering digunakan untuk 1 minggu. Bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dll. Masing-masing dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam wadah kecil terpisah. Lalu, dimasukkan ke freezer. Ketika akan memasak, bumbu halus tinggal diambil dan digunakan. Saya juga biasanya menyiapkan minyak bawang putih untuk mengirit waktu dan tenaga. Cuci bawang putih, kupas, bersihkan sekali lagi, keringkan lalu dicincang halus dan goreng dengan minyak yang disesuaikan dengan jumlah bawang. Jangan sampai coklat karna itu sudah gosong dan pahit. Cukup sampai berwarna keemasan. Simpan bawang putih dan minyak untuk menggorengnya tadi ke dalam wadah atau toples kaca supaya tidak meninggalkan bau bawang putih pada wadah seperti pada wadah plastik. Bila Anda memasak sayur bening atau cah sayur bawang putih, Anda cukup merebus sayurnya, matikan api bila telah matang, lalu beri toping minyak dan bawang putih tersebut. Jangan disimpan terlalu lama.

Baca Juga :

Kuliah Bikin Stres ? Ini Tips Mengatasinya
Alasan Lagu Arijit Sing diGEMARI OLEH BANYAK KALANGAN
Rasa Ingin Tahu Kunci Menuju Kemajuan

        Anda juga dapat menyiapkan potongan daging di malam sebelumnya sehingga esok hari Anda tinggal memasaknya tanpa harus menunggu daging mencair dan memotongnya lagi. Untuk mencegah daging sering keluar masuk kulkas, setelah Anda membelinya, Anda dapat memotong dan memisahkannya sesuai kebutuhan masakan Anda dan menyimpannya dalam plastik. Bila perlu beri label sehingga Anda tinggal mengambil kantong yang Anda butuhkan.

Happy cooking!

Bagikan pada teman dan keluarga..

6 Responses to "Ini dia ide menu masakan rumahan sederhana tapi enak untuk sepanjang minggu"

  1. Makasih Mbak Resepnya Pas Banget Yang ane Suka Ini Mah Harus dikasih tau ibu saya makasih mbak....

    ReplyDelete
  2. semoga bermanfaat
    thnks to visit

    ReplyDelete
  3. masakan rumah memang gk ada tandingannya, manfaat banget nih artikel
    recomended

    ReplyDelete
  4. Waduhh kayaknya bisa nih saya coba dirumah, thanks infonya gan..

    ReplyDelete